Career Switch Untuk Membuat Anda Naik Level

Tips switch career berikut bisa Anda gunakan bila sedang memikirkannya. Gagasan beralih karier bisa menyenangkan dan menegangkan pada waktu yang sama. Di satu sisi, ada kemungkinan menjalani profesi baru yang lebih seru, tidak seperti jalur lain yang Anda lakukan. Namun di sisi lain, Anda menyadari risiko dan ketidaktahuan saat melakukan perubahan karier.

Jika ragu untuk melakukannya, yakinlah bahwa perasaan tersebut bukan hal yang aneh. Anda mungkin sepanjang hidup merasa yakin dengan suatu hal. Kemudian dengan waktu, memiliki pendapat yang berbeda. Yakinlah kalau career switch adalah hal yang biasa dan bisa dilakukan dengan persiapan optimal. Itulah yang akan diuraikan dalam artikel ini.

Apakah Tips Career Switch Terbaik Untuk Mengubah Hidup Anda?

Saat menjawab pertanyaan ini, aku ingin lebih praktis menjawabnya. Mengubah karier mungkin mudah bagi sebagian orang dan lebih sulit bagi orang lain. Tetapi, yang tidak ingin Anda lakukan adalah mulai transisi ke karier baru dengan mengharapkannya mudah.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perubahan yang lancar. Namun, mudah bukan berarti tanpa hambatan. Kebalikannya, pergantian karier bisa berarti tantangan baru. Anda bisa menemui kesulitan ketika melamar pekerjaan atau menghadapi klien.

Selain itu, Ada faktor psikologis yang membuat penampilan Anda terlihat tidak yakin karena memulai sesuatu dari awal. Tips career switch terbaik adalah mempercayai proses. Akhirnya, akan bisa jadi batu loncatan dalam industri yang Anda coba masuki.

Apakah Mengubah Karier Di Usia 30an Sudah Terlambat?

Anda bahkan bisa melakukan perubahan karier di usia 40 atau bahkan 50. Memang kita banyak melihat kesuksesan yang dibangun sejak muda. Contohnya, kisah panjang Raffi Ahmad atau owner dari Scarlett. Itu adalah cerita mereka yang hanya secuil dari presentasi dunia.

Vera Wang tidak membuat pakaian sampai menginjak usia 40. Bahkan, Mark Zuckerberg harus merasakan salah pilih jurusan sebelum mantap untuk mengembangkan usahanya sekarang. Ada juga kisah sukses Kolonel Sanders, sosok di belakang KFC yang menemukan resep fenomena di usia 50an.

Ya, Anda bisa mengubah karier, berapa pun usia Anda sekarang.

Yang harus Anda lakukan adalah memiliki alasan yang cukup kuat dan persiapan optimal.

Cara Mengetahui Saatnya Mengubah Pilihan Karir

tips career switch tips career switch/ sumber canva.com

Sebelum membahas bagaimana Anda mengubah karier. Ketahui terlebih dahulu, bagaimana Anda tahu kapan saatnya untuk melakukan perubahan tersebut? Namun, karier bukan sesuatu yang bisa dibangun dan diubah secepat membalikkan telapak tangan. Berikut, beberapa tanda bahwa Anda harus mempertimbangkan pekerjaan di industri baru.

1.Tidak Tertarik dengan Pekerjaan

Merasa tidak bersemangat dengan pekerjaan yang Anda lakukan adalah bukti kalau keahlian Anda lebih baik diterapkan di tempat lain. Ini mungkin pekerjaan yang masih sangat Anda kuasai atau pernah sukai. Tetapi, jika tidak merasakan semangat yang sama untuk pekerjaan. Bisa karena sifat dari pekerjaan itu sendiri, maka Anda harus mulai memikirkan karir baru.

2.Sering Merasa Lelah

Perasaan jenuh di tempat kerja tidak terjadi hanya karena tuntutan atasan atau beban kerja yang berat. Anda mungkin memiliki pengalaman untuk  melakukan pekerjaan tersebut. Tapi, bisa juga yang Anda lakukan tidak melibatkan keterampilan terkuat Anda. Jika itu sebabnya, ada perasaan terbebani di tempat kerja, maka sebaiknya pertimbangkan perubahan karier.

3. Takut Pergi Bekerja

Jika ada rasa takut mulai muncul menghadapi fakta kalau Anda harus kerja pada hari Senin, maka itu pertanda bahwa pekerjaan saat ini bukanlah pekerjaan yang tepat untuk Anda. Percaya atau tidak, pekerjaan harus menyenangkan dan menjadi sesuatu yang dinantikan. Anda juga perlu berusaha untuk fokus kerja walaupun sebenarnya sulit untuk dilakukan.

4. Tidak Ada Ruang untuk Kemajuan

Jika sulit bergerak maju, mungkin sebenarnya Anda sedang bergerak mundur. Demikian pula, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan di mana terdapat potensi naik pangkat untuk melakukan tugas yang lebih menantang. Pertimbangan lain adalah bekerja dengan orang yang lebih baik, dan menegosiasikan gaji lebih tinggi. Kalau jalur karier saat ini tidak memungkinkan, coba untuk memulai hal lain yang lebih potensial untuk bisa mengembangkan diri lebih baik.

Tips Career Switch Untuk Memudahkan Perubahan Karier

Sekarang tanda-tanda yang menegaskan bahwa perubahan karier perlu dilakukan. Kalau tahu dengan pasti latar belakang melakukan sesuatu, langkah Anda akan lebih mantap untuk melangkah maju. Mari lihat bagaimana cara terbaik untuk melakukan perubahan karier.

tips career switch, kiat merubah kariertips career switch/sumber canva

1.Tentukan Alasan

Menurut penulis motivasi Simon Sinek, Anda harus mulai dengan ‘mengapa’. Itu berarti meluangkan waktu untuk merenungkan alasan beralih ke karier baru.

Apakah alasan pindah karena ingin karier yang lebih memuaskan? Cari tahu juga kalau kurangnya mobilitas ke atas yang jadi sumber masalahnya? Apakah Anda merasa kalau pekerjaan sekarang tidak prospek dengan keadaan era digital seperti saat ini?

Menjawab beberapa pertanyaan tersebut bisa membantu proses  transisi, yang akan mempermudah proses selanjutnya yang lebih menantang.

2.Buatlah Rencana

Setelah tahu mengapa harus melakukan karier baru, langkah selanjutnya adalah mempersempit pilihan karier. Langkah ini akan berfungsi sebagai kompas untuk semua hal yang akan dilakukan selanjutnya. Selain berlaku sebagai pedoman, tahap ini dapat memberi energi yang Anda butuhkan untuk berpikir positif.

Anda bisa membayangkan seperti apa karier baru nantinya dan manfaat yang akan diperoleh dari melihat transisi ini. Anda juga bisa membuat ruang kerja di rumah kalau ingin membangun karier sendiri. Itulah dorongan yang dibutuhkan untuk melakukan semua hal lain yang diperlukan dalam mewujudkan perubahan karier yang sukses.

3. Lengkapi Keahlian dan Resume

Karier baru berarti harus mendapatkan keterampilan baru. Lagi pula, ini adalah pekerjaan di bidang baru dan Anda mungkin belum memiliki semua keterampilan yang diperlukan.  Anda tidak perlu kembali ke sekolah dan mendapatkan gelar yang baru.

Pengalaman dan Pendidikan sebelumnya bukan sama sekali tidak berarti. Tips career switch terbaik adalah menyadari kalau Anda semakin baik dengan berjalannya waktu. Anda bisa menambahkan keterampilan baru yang kini banyak disediakan secara online maupun offline.

Sekarang ada banyak kursus keterampilan yang dapat Anda selesaikan dengan cepat. Selain itu, kursus tersebut memiliki pendekatan yang pas untuk langsung kerja. Ini bisa jadi cara terbaik untuk memperkaya portofolio pekerjaan Anda.

Berbicara tentang resume, inilah saatnya untuk membuat beberapa perubahan. Resume baru harus mencerminkan pengalaman sebagai dasar dan keterampilan baru sebagai semangat baru Anda untuk memperkaya kemampuan diri.

Anda bisa mengubah resume dan menyoroti kelas, kursus, dan sertifikasi yang relevan dengan karier baru yang diinginkan. Dalam beberapa kasus, pengalaman profesional mungkin tidak relevan dengan karier baru Anda. Hal terbaik adalah meninjau kembali bagian tersebut adalah langkah terbaik adalah mempertahankan atau menghapusnya.

4. Pertimbangkan Gerakan Lateral

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan suka merekrut secara internal saat lowongan kerja baru dibuka. Alasan yang paling jelas adalah bahwa perusahaan sudah mengenal kandidat internal dengan baik dan mempersingkat proses wawancara. Itu berarti peluang karier baru mungkin tersedia di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

Untuk mendapatkan pekerjaan baru secara internal, mulailah memperhatikan papan pekerjaan perusahaan Anda. Teliti setiap posisi baru yang muncul di industri tempat Anda ingin bekerja. Itu termasuk mengetahui kualifikasi dan apa tanggung jawab kandidat nantinya.

Selanjutnya, coba atur pertemuan dengan atasan di departemen target Anda. Kemudian, komunikasikan minat pada posisi tersebut. Lalu, cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan kandidat yang kuat.  Setelahnya, barulah Anda bisa melamar pekerjaan itu.

5.Uji Coba

Cara yang baik mempercepat pembelajaran Anda dalam karier baru adalah dengan mengerjakan proyek sampingan. Misalnya, Anda mencoba masuk ke pengembangan web front-end. Setelah memperoleh keterampilan yang diperlukan, coba cari kerjaan freelance untuk memamerkan apa yang telah Anda pelajari.

Anda mungkin harus mengeluarkan biaya untuk membuat situs web pribadi. Selain itu, Anda juga perlu melakukan langkah lainnya agar terlihat serius dan lebih profesional. Membuat proyek sampingan dapat menjadi praktik yang berguna dalam banyak hal saat melakukan perubahan karier.

Langkah ini juga bisa membuat Anda yakin kalau melakukan perubahan dalam pekerjaan adalah langkah yang tepat. Kerja sampingan juga bisa jadi sesuatu untuk dimasukkan ke dalam portofolio baru. Anda bisa mengukur kemampuan dan begitu pula orang lain. Sebelum bisa menyenangkan orang lain, Anda harus melakukannya terlebih dahulu untuk diri sendiri.

6. Bangun LinkedIn dan Portofolio

72% perekrut memakai LinkedIn untuk mengidentifikasi kandidat baru. Selain itu, porfolio juga merupakan bagian penting dalam melakukan perubahan karier. Jadi, sangat penting untuk mengubah LinkedIn dan menunjukkan pada perekrut karier baru yang sedang Anda jalani. Mulailah dengan mengedit judul dan penyesuaian lainnya.

Mitos Perubahan Karir Di Usia 30 Tahun Yang Sangat Tidak Benar

Ada beberapa kesalahpahaman yang terkait dengan beralih karier. Tips career switch terbaik adalah untuk hadapi sekarang agar tidak membuat Anda ragu di tengah jalan. Oleh karena itu, tetapkan mind set sangat penting untuk bisa jalan maju dengan kenyataan yang sekarang dihadapi.

1.Saya Terlalu Tua Untuk Mengubah Karier

Tidak ada kata terlambat untuk mengubah karier, apa pun latar belakang Anda dan betapa menakutkannya pekerjaan baru. Jika ada, usia dapat menguntungkan karena telah mengumpulkan lebih banyak pengalaman di dunia profesional daripada rekan yang lebih muda.

Selain itu, Anda dapat memanfaatkan jaringan yang sudah Anda miliki.

2.Saya Harus Memulai dari Awal jika Beralih Karier

Di satu sisi, ya, Anda memulai kembali jika ingin beralih karier. Anda mungkin harus mulai dari bawah profesional dan dengan gaji lebih rendah dari sebelumnya. Tetapi, kalau melihat dari perspektif lain,  tidak ada pengalaman yang sia-sia, bahkan jika bekerja di industri baru.

Anda masih dapat memanfaatkan semua yang telah dipelajari selama ini dan menerapkannya dalam pekerjaan baru. Selain itu, perekrut mungkin menganggap pengalaman saat ini berharga dan membuat Anda bersaing untuk peran yang lebih baik dari yang Anda harapkan. Ini bisa jadi alasan untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

Tips Career Switch Dalam Mencari Pekerjaan

Membangun karier baru bisa menjadi langkah yang paling menantang. Anda perlu mencari tahu jenis pekerjaan yang tersedia di bidang yang Anda minati dan apa yang sedang dicari oleh pemberi kerja. Meskipun mungkin belum siap melamar pekerjaan yang muncul dalam pencarian, pikirkan langkah ini sebagai cara yang bagus untuk memfokuskan upaya perubahan ke depan.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin Anda pikirkan saat memutuskan bekerja pada perusahaan baru.

  • Jenis perusahaan apa yang memiliki lowongan pekerjaan dalam karir yang Anda inginkan?
  • Apa keterampilan, pendidikan, pengalaman, dan kualifikasi lain yang dibutuhkan?
  • Keterampilan apakah yang Anda transfer ke pekerjaan ini
  • Apakah kesenjangan keterampilan apa yang perlu Anda isi?
  • Tugas, proyek, dan inisiatif apa yang akan Anda ikuti?
  • Apa yang akan ditawarkan oleh karier ini?
  • Bagaimana karier baru akan membantu Anda menikmati gaya hidup yang Anda inginkan?

Ingatlah bahwa beralih ke karier baru membutuhkan waktu. Anda bisa menggunakan tips career switch di atas untuk menjaga konsisten. Perubahan Karir di Usia 30, 40 atau bahkan 50 kadang harus dilakukan bahkan tanpa Anda inginkan atau tidak.

Kalau Anda melihat ada potensi Anda harus melakukannya, lebih cepat menerimanya akan lebih baik.

Potensi Harus Career Switch Menghadapi Krisis Keuangan 2023

Era digital sudah mengikis pekerjaan yang dinilai terlalu manual. Segala sesuatu jadi lebih digital dan otomatis. Dimanakan posisi karyawan sebagai SDM? Mereka jadi diharuskan memiliki banyak kemampuan dan juga bisa melek teknologi. Ada beberapa hal yang pasti berubah, apakah Anda menginginkannya atau tidak.

1.Banyak Pekerjaan Jadi Semakin Tidak Relevan

Anda bisa melakukan pembukuan? Anda memiliki gelar sarjana untuk bidang sekertaris? Itu adalah beberapa pekerjaan yang akan dengan mudah diganti dengan komputer atau satu orang yang juga bisa melakukan keuangan dan juga komunikasi.

2. Pergeseran Dunia Kerja

Perusahaan raksasa banyak yang gulung tikar karena sudah tidak relevan dengan kondisi pasar. Mall bahkan tutup dan berganti dengan toko online yang memiliki modal lebih sedikit. Anda mungkin tidak memiliki keterampilan yang berkaitan dengan digitalisasi. Mungkin ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya.

3. Pekerjaan Baru Bermunculan

Tips career switch yang paling relevan dengan kondisi dunia sekarang adalah dengan melihat berbagai pekerjaan baru yang ada. Penguasaan UI atau UX, segala sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan internet. Anda mungkin enggan untuk mempelajarinya, tapi mau tidak mau, realita ini akan datang lebih cepat dari yang Anda kira.

Melakukan Perubahan Karier Dengan Arkademi.com

Anda bisa melakukan pekerjaan sekarang dan mengambil kelas keterampilan. Dengan demikian, Anda menambah kemampuan agar bisa tetap relevan dengan dunia yang sekarang. Kalau ingin merubah karier dengan maksimal, coba untuk melihat pilihan kursus yang diadakan oleh Arkademi.com

Ada banyak kursus singkat yang bersertifikat di sana. Beberapa pilihannya adalah Kursus UI UX atau Kursus Quality Assurance. Anda bisa menambah keterampilan untuk menunjang pekerjaan sekarang atau untuk melakukan career switch secara drastis. Bila, gelar Anda sudah tidak dipakai dan pengalaman Anda dinilai tidak bermanfaat untuk menghadapi 2023, coba untuk memperkaya diri dengan keterampilan yang terbaru.

Apakah mudah? Tentu tidak. Anda mungkin harus melakukan perubahan tersebut dengan setengah hati. Jadi, lakukan riset secara optimal. Selain itu, gunakan tips career switch di atas untuk memperlancar transisi. Anda perlu tahu alasan dan juga membuat prediksi yang tepat. Dengan demikian, Anda bisa sukses, apa pun perubahan yang Anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *