Perjuangan sehat aku dan suami dimulai saat menginjak kepala 4. Kami tidak bisa mempertahankan pola makan seperti dahulu. Masa-masa ngopi, makan direstoran mana saja sudah lewat. Apalagi aku yang terdiagnosa kolesterol, asam urat dan maag akut. Sedangkan suami sudah mulai diwanti-wanti dokter untuk jaga makanan dan berhenti merokok. Tubuh kami sudah tidak bisa menerimanya.

Membahas Perjuangan Sehat Pasangan Mulai Dari Kebiasaan Bersama

perjuangan sehat pilih makanan

Hal pertama yang kami lakukan adalah menyepakati masakan sehari-hari. Aku harus menyesuaikan makanan kami berdua dan anak semata wayang kami. Sehat bukan berarti makanan yang benar-benar berbeda, sampai kami kesulitan untuk memakannya. Berikut adalah beberapa hal yang kami lakukan

1. Perjuangan Sehat Mengurangi Jajan

Aku kerap lebih memilih roti atau mie untuk makan. Selain itu, aku sempat menjalani diet nasi yang justru memicu maag. Karena, aku yang kerja jadi karyawan kerap makan siang dengan paket ayam nasi, mie bakso, seblak, atau cukup sandwich. Memasuki usia 40 tahun, aku tidak bisa melakukan hal itu.

2.Makan Nasi

Yang paling sulit adalah menghadapi kenyataan justru menghindari makan nasi justru tidak baik. Ya, makan mie, dimsum, pizza, roti tidak bisa jadi pengganti nasi. Memang nasi putih mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Tapi, makan nasi lengkap dengan sayur dan lauk, lebih sehat dari pada semangkuk mie baso atau spagetti.

3.Menu Sehat

Mengucapkan selamat tinggal dengan jajan dan memilih menu 4 sehat 5 sempurna memang tidak mudah. Suami harus memperbanyak sayur dan bukan sembarang sayur karena justru kacang-kacangan dan sayuran hijau kurang cocok dengan kondisi kesehatan kami. Asam urat menyebabkan kami perlu makan rendah purin seperti tahu, jamur, makanan yang serba putih.

4.Makan Satu bahan Makanan Selama 30 Hari

Katanya, kalau kita terbiasa memakan sesuatu terus-menerus selama 30 hari, kita bisa terbisa dengan makanan itu. Misalkan aku yang tidak suka ikan atau suami yang tidak suka sayur. Akhirnya putri kami tidak suka keduanya. Kalau Anda mencoba makan sayur selama kurang lebih sebulan. Lama-lama akan menyukainya. Coba deh!

Perjuangan sehat memang masih panjang. Yang perlu dilakukan adalah melakukan dengan perlahan dan pasti. Hindari ekspetasi terlalu muluk dan berlebihan. Anda bisa kesulitan sejak awal. Yang paling penting adalah memiliki tujuan untuk jadi lebih baik. Selanjutnya akan lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *