Sebelum Mulai Bisnis, Ketahui Arti Angka – Angka Berikut !

Sebelum mulai bisnis, Anda perlu memahami ilmu dasar dalam pengelolaan uang, yang tentu berkaitan dengan angka. Jika ingin mengelola bisnis sukses, ada beberapa angka dan nilai dari uang yang harus Anda ketahui. BUkan hanya cukup tahu, tapi menelaah dan analisa.

Awal berbisnis, saya sering menghindari lihat uang transferan (biasanya kalau habis banyak bayar ini dan itu) belum lagi angka hutang yang merasa lebih baik mejem saja. Awalnya, ada rasa takut melihat angka karena tidak mau mental jadi down. Tapi, hal itu slah besar.

Kita perlu merasa nyaman dengan angka, bahkan sebelum memulai bisnis. Selain itu, kita perlu tahu kita ada dalam posisi angka berapa, jumlah kurang dan lebih ada berapa, kalau kehilangan keuntungan, berapa angka tepatnya? Angka yang pas akan mempengaruhi keberlangsungan usaha.

Sebelum memulai bisnis online adapun yang perlu diperhatikan yaitu angka-angka dalam berbisnis. Seperti jumlah pinjaman dan pemasukkan. Jadi, bisnis tidak bisa terpisahkan dari angka-angka. Mereka jadi sangat penting karena berbagai alasan. Saya akan menjelaskan angka-angka terpenting yang harus Anda ketahui dan pengaruhnya terhadap keuangan.

Angka-Angka Penting Sebelum Mulai Bisnis Yang Sukses

Apakah selama ini menghindari beberapa angka ? atau Anda tidak menyadari ada angka penting? Saya ingin berbagi pengalaman saya untuk menjadi sahabat dengan angka dan mulai bisnis pada jalur yang benar.

Banyak orang tidak menyadari keseluruhan situasi keuangan mereka. Saya sangat menyarankan Anda untuk TIDAK menghindari mempelajari keuangan Anda. Kesadaran tersebut akan sangat bermanfaat dalam

  • Keuangan yang sehat
  • Mencapai Tujuan
  • Pendekatan Pada situasi keuangan
  • Bersikaplah proaktif
  • Membantu penganggaran
  • Cegah bayak hutang
  • Hentikan perselingkuhan finansial

Berbisnis harus mulai dari angka tertentu. Tanpa menyadari jumlah sebenarnya, situasi keuangan Anda secara keseluruhan akan sulit untuk dilacak. Mungkin Anda merasa untung, padahal sebenarnya RUGI. Sepertinya bisnis sudah menghasilkan profit, padahal BELUM.

Akan sulit mengubah kehidupan finansial, kalau tidak berdamai dengan angka-angka penting. Misalnya mengabaikan modal karena berpendapat memang seharusnya kalau berbisnis PAKAI modal. Ada kalanya pebisnis tidak tahu berapa sewa bulanan kantor karena bukan bagian keuangan.

Mereka juga tidak pernah memikirkan biaya pensiun atau menaruh angka tertentu sebagai tujuan keuntungan yang diharapkan bulan atau tahun ini. Pokoknya ada UNTUNG saja!

Yang lebih mengejutkan lagi, kadang orang tidak dapat memberi perkiraan mengenai angka-angka tersebut. Saat saya bertanya pada siswa mengenai pekerjaan impian mereka, mereka tidak dapat menyebutkan berapa gaji yang mereka inginkan. Angka sangat penting untuk memotivasi dan menjadi realistis dalam waktu yang sama.

Punya uang banyak dalam doa saja tidaklah cukup.

Doa tersebut akan sulit terkabulkan karena sebenarnya banyak itu berapa?

Jawabannya juga bukan sebuah angka hasil tebakan semata. Tapi harus mempertimbangkan gaya hidup, tanggungan, keinginan dan lain sebagainya. Meskipun menurut Anda beberapa angka-angka tersebut tidak penting saat ini. Kita kadang butuh waktu untuk menerimanya. Apalagi memutuskan langkah untuk menghadapinya.

Saat dihadapi hutang cicilan yang banyak, membayar jadi semakin bingung karena menghindari melihat angka keseluruhan. Kita bayar dari bulan ke bulan sesuai nominalnya. Padahal kalau sisihkan dari awal tentu hasilnya akan berbeda.

8 Angka Penting Uang Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum memulai bisnis apa saya yang perlu kita ketahui? Mulailah dengan angka. Bahkan sebelum memutuskan jenis usaha dan berapa modal yang ingin kita keluarkan. Anda tidak perlu merencanakan usaha apa pun. Hitung beberapa angka penting berikut, baru putuskan langkah berikutnya.

1.Kekayaan Bersih

Ini adalah angka yang penting untuk memiliki gambaran tentang kinerja keuangan. Bukan hanya presiden atau calon caleg yang perlu memperhatikan jumlah kekayaan bersih. Kita juga perlu, bahkan walau tidak ingin mulai bisnis. Kekayaan bersih membantu Anda mencapai tujuan keuangan yang realistis.

Ada banyak hal positif lainnya dari mengetahui hal ini :

  • Mengelola uang dengan lebih baik. Anda akan lebih berhati-hati dalam pengeluaran dan membuat keputusan keuangan lainnya. Bahkan Anda bisa terdorong untuk membuat anggaran dan berusaha untuk memiliki kekayaan bersih yang lebih besar dari angka yang sekarang.
  • Melunasi hutang juga penting. Banyak orang hanya memikirkan asetnya, namun utang diabaikan. Saya sempat enggan berbisnis karena mengenai banyak pengusaha yang punya hutang banyak. Bahkan mengambil hutang atau pinjaman dari bank untuk mengembangkan usaha adalah hal lumrah. Sepertinya kita tidak mungkin bisa punya bisnis sukses kalau tidak berhutang.
  • Menghentikan perselingkuhan finansial. Saat salah satu pasangan menyimpan rahasia keuangan dari pasangannya. Kalau tidak mengetahui angka tepat pemasukan, aset, dan pengeluaran, Anda tidak mengetahui kekayaan bersih.
  • Membantu mencapai tujuan keuangan. Anda dapat mengukur kinerja dan kekuatan pengelolaan uang. Jadi ada motivasi dan membantu Anda untuk tidak memiliki halusinasi tentang uang yang sebenarnya Anda tidak miliki.

2.Jumlah Hutang

Total hutang menjelaskan berapa pengeluaran tiap bulannya. Jangan lupa untuk memisahkan antara keuangan pribadi dan bisnis. Kalau bercampur, makan akan semakin sulit mengetahui perbedaan antara hutan personal dan bisnis. Hal terpenting adalah memiliki rencana untuk melunasinya. Berikut angka utang yang perlu Anda waspadai:

  • Pembayaran Cicilan
  • Berapa banyak utang kartu kredit
  • Jumlah pinjaman yang Anda miliki
  • Suku bunga utang
  • Perkiraan tanggal pembayaran utang

Saya sarankan untuk mempelajari angka-angka tersebut dengan teliti. Sebelum mulai bisnis, kita tidak ingin justru malah terlilit lebih banyak hutang. Salah satu alasan masyarakat tidak mengetahui jumlah utangnya adalah karena tidak ingin melunasi utangnya. Atau, sayangnya, pasangan mungkin berusaha merahasiakan jumlah hutang sampai terlambat menyadari betapa buruknya situasi keuangan.

Sebelum menghadapi dan mengakui utang. Anda mungkin tidak akan pernah bisa keluar dari jeratannya. Selain itu, Anda tidak akan pernah sepenuhnya memahami pengaruh utang terhadap hidup, apalagi kalau ingin memulai bisnis dengan segera. Apalagi kalau ingin pensiun dini dan jalan-jalan.

Langkah pertama melunasi hutang adalah dengan menjumlahkan semua angkanya. Semua yang belum lunas atau bersifat pinjaman lunak dari orang tua atau teman. Anda mungkin meremehkan kasih sayang orang terdekat dan tidak menghitung hutan yang Anda miliki. hentikan dan mulai hitung sekarang juga. Karena dengan demikian, Anda lalu bisa membuat rencana untuk mulai melunasi hutang dan melanjutkan hidup.

3. Jumlah Tabungan


Rata-rata orang menabung sekitar 5% dari pendapatan setiap bulan. Namun, jumlah ini kadang tidak cukup dan sampai harus mengambil pinjaman untuk sekedar makan. Lupakan punya rencana pensiun dini, menghadapi kehidupan sekarang saja sudah cukup sulit.

Jadi, berarti rata-rata orang seharusnya menabung lebih banyak uang. Dengan mengetahui angka idealnya, Anda memiliki gambaran lebih baik tentang perubahan apa yang perlu Anda. Mencari uang sampingan untuk meningkatkan pengelolaan uang. Atau mengurangi pengeluaran secara drastis.

Kebanyakan orang percaya bahwa mereka telah cukup menaruh uang dalam menabung. Tapi bagaimana Anda tahu kalau hanya menaruh uang seikhlasnya. Kelapa tidak berhitung dengan benar dan temukan angka yang paling ideal. Kembangkan juga sumber penghasilan pasif yang bisa langsung mengalir ke tabungan. Jadi, Anda tidak khawatir dengan jumlah uang yang Anda miliki untuk operasional bisnis.

4. Jumlah Uang Kebutuhan Sehari-hari

Total pengeluaran bulanan adalah salah satu angka terpenting yang harus Anda ketahui. Anda jadi tahu apakah mampu beli sesuatu atau tidak. Apakah Anda bisa berhemat atau sebenarnya boros. Pada hal apakah Anda cenderung mengeluarkan lebih banyak uang dan apakah bisa menghindarinya?

Mengetahui angka pengeluaran bulanan dapat membantu Anda membuat pilihan keuangan lebih bijak. Selain itu, jadi lebih paham kriteria pembelian yang baik di masa depan. Membuat anggaran dan melacak pengeluaran adalah solusi terbaiknya. Anda jadi dapat melihat dari mana uang datang dan ke mana sebenarnya uang pergi.

5.Sebelum Mulai Bisnis, Ketahui Penghasilan Setelah Pajak

Ini adalah jumlah uang bersih yang kita bawa pulang. Tentu setelah dipotong dengan, asuransi kesehatan, dan hal lain yang mungkin dipotong dari gaji. Kalau Anda termasuk pada BPJS Ketenagakerjaan, maka ada sejumlah uang yang dipotong. Jadi, itulah angka sebenarnya dari gaji.

Beberapa orang membelanjakan gaji bahkan sebelum mereka menerimanya. (seperti mendapatkan pinjaman mobil segera setelah menerima tawaran pekerjaan). Ini adalah ide berbahaya karena Anda bisa berpikir kalau sebenarnya Anda membawa pulang uang yang banyak setiap bulannya.

Padahal, setelah pemotongan BPJS, pajak, asuransi kesehatan, dan hal lain, jumlah gaji sebenarnya jauh dari realita. Ada banyak alasan lain untuk mengetahui penghasilan setelah pajak, beberapa adalah sebagai berikut.

  • Anda tahu persis berapa uang yang bisa dipakai.
  • Membuat keputusan pembelian lebih bijaksana
  • Memotivasi membuat anggaran berdasarkan pendapatan setelah pajak.

Kalau sudah menyadari penghasilan bulanan berapa, Anda tentu dapat membuat anggaran dan akan mencerminkan seberapa banyak kemampuan Anda. Selain itu, dapat membantu Anda membuat rencana dengan lebih baik.

6.Nilai Kredit

Oke, tidak semua orang setuju dengan saya tentang hal ini. Namun, jika Anda memiliki rencana masa depan untuk berbisnis, mengetahui skor kredit Anda sangat penting. Bahkan ada yang mengatakan kalau jaman sekarang dalam memilih pasangan, terlebih dahulu lihat nilai kredit mereka. Karena nilai mereka akan jadi nilai kita juga.

Skor kredit menunjukkan kelayakan kredit pada orang lain. Hal, juga menjadi indikator seberapa berisiko. Kalau akan mengambil pinjaman, Anda dapat suku bunga dan nominal yang sesuai skor tersebut. Bahkan kalau Anda ingin pinjam uang lebih banyak, angka skor kredit bisa tidak memenuhi syarat.

Dengan mengetahui skor kredit, kita bisa lebih siap sebelum memulai bisnis. Hal seperti berbelanja asuransi rumah atau mobil, menyewa rumah, membeli rumah, mengajukan pinjaman atau kartu kredit, dan lainnya, memerlukan hal ini. Jadi dapat mengira-ngira apakah pinjaman Anda disetujui atau tidak.

7.Tujuan Finansial

Tiap orang pasti memimpikan masa depan yang cemerlang. Mungkin punya banyak uang, ada rumah, mobil dan usaha. Kalau Anda menterjemahkannya dalam angka, maka akan lebih realistis. Tujuan keuangan mungkin termasuk:

  • Pensiun atau mencapai kemandirian finansial
  • Melunasi hutang
  • Menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi
  • Dan banyak lagi! Ada begitu banyak tujuan keuangan yang berbeda.

Mengetahui tujuan keuangan bisa membantu memberi Anda arahan tentang apa yang harus diupayakan. Selain itu, mengetahui bahwa Anda sedang berusaha mencapai sesuatu, bisa menjadi motivasi ekstra. Saat memulai bisnis, kita butuh dorongan yang senantiasa memberikan motivasi.

8. Informasi Akun Keuangan

Apa yang akan Anda lakukan jika terjadi sesuatu secara tiba-tiba? atau ada keadaan darurat? Apakah Anda mengetahui semua nomor rekening penting ? Salah satu cara terbaik sebelum memulai bisnis adalah untuk mempersiapkannya dengan pengikat darurat.

Anda menyimpan informasi keuangan, seperti nomor rekening bank dan kata sandi, pada tempat. Anda dapat menyimpan informasi asuransi, dan detail pribadi dengan hati-hati. Bayangkan kalau nominalnya salah, atau Anda tidak ingat angka password dengan benar, bisnis tentu bisa kacau.

Sebelum mulai bisnis, lakukan persiapan yang tepat. Saya tahu banyak sekali angka yang mempengaruhi sebuah bisnis. Akan ada kerugian kalau kita mengabaikan angka-angka dalam hidup kita. Anda dapat salah menaruh informasi akun, kehilangan kata sandi, lupa membayar tagihan, dan banyak lagi.

Membuat anggaran akan membantu siapapun untuk jadi lebih nyaman membicarakan keuangan. Tantangan akan berlipat ganda kalau suami memiliki pertimbangan berbeda. Saya tahu berbicara tentang uang mungkin tidak nyaman pada awalnya, tetapi hal ini penting kalau ingin sukses.

Tahukah Anda angka-angka penting dalam usaha?
‚Äč

One response to “Sebelum Mulai Bisnis, Ketahui Arti Angka – Angka Berikut !”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *